Tuesday, May 15, 2012

Sejarah Yamaha Mio

Hello Riders....!!

Siapa yang tidak tahu Yamaha Mio? Hmmm...pas lagi asyik asyiknya baca baca di detikoto, nemu artikel yang mengulas asal usul Mio. langsung aja nih dipostingin, sekedar ngingetin lagi asal usul Skutik yang dicap sebagai motornya wanita ini....:)


                                                           Mio Sporty 2003. sumber Google


Sejarah Mio berawal dari dapur Research & Development Yamaha, dan memang mio ini awalnya adalah project lanjutan yamaha Nouvo. Berbeda dengan Nouvo yang bongsor, Mio tampil lebih langsing, dan elegan. Tahun 2003, Mio mulai diluncurkan se-Asia Tenggara dan khusus di Malaysia, motor ini memakai  nama Ego.
Pertama kali hadir di Indonesia pada 2003, Yamaha memasang tagline Mio ini sebagai sepeda motor yang "mengerti wanita ".Dengan bodynya yang ramping dan ringan bnyak kaum hawa mulai menggunakan motor ini mulai siswa sekolah hingga kalangan pekerja. Masih inget dulu saat masih SMA, pihak Yamaha meminjamkan beberapa unit Mio kepada sekolah AE-ONE selama seminggu :D. Oke  lanjut....

                                                            Mio Soul. Sumber ; Google

Tahun 2006, Yamaha menelurkan adik kandung Mio, yaitu Mio SOUL yang memeiliki design  kekar, gemuk dan Lebih Maskulin dan Macho. Yamaha memasang tagline " spirit of indie" CMIIW.
Tahun 2008 Mio mengalami sedikit penyegaran. Seperti bentuk headlamp yang dibuat melengkung dengan sudut segitiga yang mlengkung..apa istilahnya ya..Pingul mngkin? hehehe..Handgrip juga mengalami penyegaran, dan dada depan Mio juga disegarkan dengan design yang Smiley.Cmiiw

                                                                New Mio Sporty, sumber : google

Spesifikasi Yamaha Mio


* Mesin
o Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara
o Diameter x Langkah : 50.0 x 57.9 mm
o Volume Silinder : 113.7 CC
o Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1
o Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis
o Susunan Silinder : Tunggal
o Karburator : NCV24x1 (Keihin)
o Sistem Pengapian : DC-CDI
o Pelumas : Wet Sump
o Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter
o Transmisi : V-Belt Otomatis
o Rasio Gigi : 2.399 - 0.829
o Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
o Sistem Rem Depan : Hydraulic Single Disc
o Sistem Rem Belakang : Drum

* Chasis
o Tipe Rangka : Steel Tube
o Kapasitas Tangki : 3,7 Liter
o Jarak Sumbu Roda : 1,240 mm
o Jarak ke Tanah : 130 mm
o Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
* Suspensi / Ban
o Suspensi Depan : Teleskopik
o Suspensi Belakang : Teleskopik
o Ukuran Ban Depan : 70/90-14MC 34P
o Ukuran Ban Belakang : 80/90-14MC 34P
o Sistem Starter : Kick & Electric
* Performa (klaim pabrik)
o Daya Maksimum : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
o Torsi Maksimum : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
Sumber :http://gambar-yamaha-mio.blogspot.com/2008/10/sepesifikasi-sepeda-motor-yamaha-mio.html

Nah sekian dulu artikelnya..bersambung...untuk evolusi Mio selanjutnya diartikel berikutnya ya.
dipersilahkan bila ingin meninggalkan kenang2an atau komntar..:)



No comments: